#22 Tips belajar ala pindi :p

2:03 PM

Yang masih pada binggung, gimana cara belajar yang enak dan bikin materi masuk ? Aku mau ngebagi tips belajar yang selama ini aku jalani:D (yang jelas belajar itu nggak kilat, butuh proses buat bisa dapet yang dipengen)

Pertama, baca basmallah dan doa.

Kedua, kenali tipe belajarmu dengan cara menulis/membaca, berbicara dengan suara sambil dengan gerakan, atau dengan gambar-gambar (mindmap). Kalo kamu nge-dong dengan tipe menulis dan membaca, kamu bisa belajar sambil nulis ringkesan atau leaflet rumus. Dan kalau kamu tipe suka belajar dengan cara menerangkan dengan suara, maka kamu harus menghadap kaca dan berbicara seakan kamu guru yang sedang menjelaskan materimu. Yang terakhir, kamu buat mindmap kalo kamu suka gambar :D

Ketiga, waktu belajar kalo menurutku yang efektif adalah pagi buta saat jam 2-3 pagi. Kalau malem atau sore kan aktivitas masyarakat masih aktif, jadi sering terdengar suara bising sehingga kita sulit berkonsentrasi.

Keempat, belajar itu rutin. Awalnya memang berat, tapi diri kita harus dipaksa, kalo nggak dipaksa akan males mulu. Belajar rutin itu nggak harus mantengin buku berjam-jam lho. Kamu tiap hari ngerjain 3 soal aja uda rutin itu :)

Kelima, buat tempelan target kamu di meja belajar atau kamar, biar saat males pas liat tulisan target, malesnya jadi ilang dan jadi semangat lagiii :p

Keenam, buat yang nggak betah belajar pagi buta, coba bikin the anget atau kopi hangat biar nggak ngantuk atau sebelumnya sholat tahajud. Kena air wudhu kan jadi seger.

Ketujuh, kalo masih nggak paham sama materi tertentu. Jangan malu tanya sama temen atau guru yang paham sama materinya.

Kedelapan, sebelum suka sama rumus cepat kita harus suka sama konsepnya dulu.

Kesembilan, belajarnya nyambi dengerin radio atau cemilan heheee..

Kesepuluh, belajar kelompok, paling asyik, kita bisa ngebagi yang kita bisa dan temen kita juga bisa ngebagi ilmunya. Kita nggak bosen, materi dapet, semangat dapet.

Kesebelas,malem minggu nggak usah belajar ya :D kita butuh main, udah sering kta belajar :p

Keduabelas, baca doa setelah belajar*walaupun kadang lupa akunya :p

Apalagi ya? Aku binggung hehee.. Segitu dulu tips belajar dari pindi:) coba dipraktekkan, semoga bisa membantu kamu semua.

XOXO

You Might Also Like

0 comments