6 Alasan Kita Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan Selagi Muda, Bikin Hidup Lebih Aman

3:56 PM

 

Memiliki asuransi kesehatan sama halnya merencanakan kehidupan yang lebih baik. 

Awal tahun 2021 merupakan fase pendewasaan di mana perubahan profesi menjadi titik balik bagiku untuk lebih melek terhadap masa depan. Salah satunya soal asuransi

Nggak dipungkiri, tahun 2021 tidak lebih berat dari tahun 2020. Pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai, memunculkan beragam ketidakpastian soal hidup dan masa depan. Apalagi, ada perubahan besar terjadi pada awal tahun 2021. Semenjak memutuskan resign pada akhir tahun 2020 , aku mulai menyadari bahwa aku kehilangan privilege soal fasilitas kesehatan. Previlege seperti apakah yang dimaksud? Tentu saja fasilitas asuransi kesehatan tambahan di luar BPJS Kesehatan. 

Jika sebelumnya, ketika sakit aku bisa langsung ke dokter spesialis tanpa memikirkan biaya. Kini aku harus berpikir panjang sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri dan berobat di rumah sakit atau dokter spesialis. Belum lagi nanti jika ada penanganan khusus misalnya cek darah, tindak lanjut yang apabila ditotal bikin mata melotot. Bisa jadi gaji bulanan atau tabunganmu langsung habis dalam sekali periksa. Hmmm...

Sejak tidak memiliki asuransi kesehatan tambahan dari kantor, aku mulai kepo dan mencari info terkait asuransi kesehatan. Aku berniat memiliki asuransi untuk menjamin atau menyokong kondisi yang tidak terduga dan tidak diinginkan pada masa mendatang. Beruntung banget, saat mencari informasi soal asuransi, aku menemukan website bernama Lifepal. Pada awalnya aku bertanya pada salah satu temanku yang berkecimpung di bidang asuransi. Ia merekomendasikanku untuk mencari tahu lewat website lifepal.co.id

Setelah membuka websitenya, ternyata cukup informatif dan akses pencarian asuransi cukup mudah. Sebagai pemula, awalnya agak kebingungan menentukan asuransi apa yang cocok untuk diriku yang masih usia 20 something, masih usia produktif, belum menikah, dan berpenghasilan cukup. Setelah berkonsultasi dengan Lifepal, akhirnya disarankan oleh pihak Lifepal untuk membeli asuransi kesehatan.


Apa Itu Asuransi Kesehatan?

foto: Istock/ courtneyk

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis produk asuransi yang mampu menanggung biaya pengobatan, perawatan medis, hingga kondisi mendesak yang membutuh penanganan lebih lanjut terkait kesehatan. Asuransi kesehatan menjadi salah satu bagian dari perencanaan keuangan karena mampu mencegah jebolnya tabungan atau aset untuk biaya medis.

Selain menjaga kantong keuangan tetap sehat, asuransi kesehatan sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Ada beragam alasan mengapa kita perlu asuransi kesehatan. Apa saja? 


6 Alasan Kita Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan Selagi Muda

1. Sebagai proteksi atau pengaman

Asuransi kesehatan berfungsi sebagai proteksi atau pengaman ketika kita mengalami kondisi sakit. Biaya pengobatan yang tak terduga ini kerap kali menjadi momok bagi sebagian besar orang, terlebih jika tidak memiliki asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan berkerja ketika kita sakit. Dengan adanya asuransi kesehatan, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menanggung biaya pengobatan. Tentu saja, hal tersebut menjadi poin plus dari asuransi kesehatan. Apalagi kita tidak pernah bisa memprediksi bakal sakit apa pada masa mendatang. 

2. Punya asuransi bikin lebih tenang

Memiliki asuransi kesehatan sama halnya dengan memiliki satpam di rumah. Ada penjaga yang bakal melindungi dari beragam ancaman, atau kondisi tertentu di luar kendali kita. Hidup pun menjadi lebih tenang dan tidak khawatir ketika menghadapi kondisi mendesak terkait kondisi kesehatan dan biaya pengobatan.

3. Mengurangi risiko pengeluaran bengkak karena biaya pengobatan

Nggak dipungkiri, biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit atau sekadar ke dokter spesialis sering bikin cashflow bulanan jebol. Nah asuransi ini bakalan menanggung biaya 'mendesak' terkait kondisi kesehatanmu. Jadi pengeluaran bulananmu cukup aman.


4. Memudahkan akses fasilitas kesehatan

Adanya asuransi kesehatan memudahkan kita untuk mendapatkan pelayanan prima. Tak perlu khawatir soal biaya medis, adanya asuransi mampu meng-cover biaya dan akses fasilitas kesehatan. Apalagi asuransi kesehatan dari perusahaan kredibel pastinya telah memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di Indonesia.

5. Bagian dari perencanaan keuangan

Memiliki asuransi kesehatan sama halnya dengan selangkah lebih maju dalam merencanakan masa depan. Lho kok bisa? Ya bisalah! Dengan adanya asuransi kesehatan, kita bisa mengantisipasi adanya risiko atau kemungkinan pengeluaran bocor di bagian kesehatan. Apalagi biaya perawatan dan pengobatan tiap tahun mengalami kecenderungan naik. 

6. Bisa diwariskan untuk orang tercinta*

Sebagian asuransi  bisa diwariskan ketika klien atau pemilik asuransi telah meninggal dunia. *Asuransi yang bisa diwariskan bukanlah asuransi murni, melainkan unitlink atau asuransi yang menggabungkan instrumen investasi.


6 Poin yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan:

Unsplash/ Scott Graham

- Cek polis dan istilah-istilah dalam asuransi dengan saksama

Sebelum membeli asuransi ada baiknya mengetahui istilah-istilah penting di dalamnya. Adapun istilah penting dalam asuransi antara lain: 

Polis: bukti perjanjian atau kontrak tertulis antara klien dan pihak asuransi. Polis mencakup beragam hak dan kewajiban dari pihak penanggung maupun pihak tertanggung.

Premi:  biaya yang dikeluarkan untuk membayar asuransi.

Klaim: tuntutan yang diajukan pemilik polis pada perusahaan asuransi untuk memenuhi hak dalam polis.

Bukan cuma tiga istilah itu yang ada di asuransi, ini hanya sedikit istilah yang harus diketahui ketika membeli asuransi.

- Cek kondisi finansial dan kesehatan

Membeli asuransi kesehatan tiap orang bisa memiliki kebutuhan yang berbeda. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi finansial dan kesehatan. Jika kita masih sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, maka biaya premi (biaya bulanan/tahunan yang dibayarkan untuk membeli asuransi) relatif lebih terjangkau. Sementara jika kamu telah memiliki riwayat penyakit tertentu, maka biaya premi bisa relatif lebih mahal. 

Biasanya asuransi akan melakukan medical check up untuk calon pembelinya, kendati demikian tidak semua asuransi begitu. Ada pula yang membebaskan siapapun bisa membeli asuransi dengan premi sesuai kondisi finansial dan tentunya tidak ada medical check up. Gaya hidup yang kita jalani bisa menentukan berapa besaran uang yang dikeluarkan untuk membayar asuransi.


- Cek manfaat pertanggungan asuransi

Manfaat pertanggungan asuransi yang dimaksud dalam hal ini meliputi fasilitas apa saja yang akan diperoleh ketika membeli asuransi tersebut. Plafon manfaat asuransi kesehatan misalnya mampu mencakup biaya rawat jalan atau rawat inap; biaya kamar kelas berapa jika opname; biaya pembedahan, penyakit apa saja yang ditanggung, besaran limit biaya totalan yang ditanggung asuransi. 

Mengetahui manfaat pertanggungan bisa membuat kita jadi mengerti perencanaan seperti apa yang kita ingin dapatkan. Kebanyakan asuransi kesehatan hanya mencakup rawat inap, meski begitu hal tersebut cukup menguntungkan bagi pemilik asuransi. Apalagi ketika diharuskan opname dalam kurun waktu yang lama, maka kita tak perlu risau soal biaya rumah sakit karena sudah ditanggung asuransi.

Biasanya asuransi punya tenggat waktu dalam menanggung kliennya. Misalnya asuransi kesehatan yang mampu menanggung selama setahun. Dengan begitu, masa asuransi bisa diperpanjang tiap tahun. 

- Rekam jejak perusahaan asuransi

Kredibilitas perusahaan asuransi sangat menentukan performa pelayanan. Memilih asuransi  tentu saja harus cermat terkait perizinan perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang kredibel adalah perusahaan asuransi yang telah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu klien juga perlu memperhatikan Risk Based Capital  (RBC) dari perusahaan asuransi. Standar minimal RBC dari perusahaan adalah 120%.

- Fasilitas kesehatan atau rumah sakit jaringan yang bekerjasama dengan asuransi apakah cukup menjangkau banyak wilayah

Pilihlah asuransi yang memiliki jaringan dengan rumah sakit, sehingga ketika kejadian tak terduga. Kita tidak perlu kesulitan mencari rumah sakit yang bisa meng-klaim asuransimu

- Pahami sistem asuransi murni atau asuransi dan tambahan instrumen investasi (unitlink)

Jika asuransi murni, maka kita tidak perlu mengharap adanya pengembalian uang premi yang telah disetorkan. Ibarat kata, asuransi adalah satpam di rumah. Tugasnya menjaga kita agar rumah tidak kemalingan, tidak mengalami kerugian, aman dan terkendali. Satpam terlihat bekerja ketika ada gangguan. Nah sama nih dengan asuransi murni, kalau kamu sudah membayar preminya, asuransi akan bekerja 'menanggung dan mengatasi' kejadian-kejadian yang tidak inginkan sehingga keuangan kita tidak goyah. 


Kelebihan Membeli Asuransi di Lifepal

Mengapa memilih membeli asuransi lewat Lifepal? Tentu setelah pertimbangan yang cukup panjang dan riset mendalam. *Maklum anaknya suka cari tahu dulu, sebelum memutuskan membeli. Beberapa keunggulan dari #asuransilifepal di antaranya: 
- Terdapat lebih dari 40 lembaga asuransi ternama yang terdata di Lifepal

- Telah dipercaya lebih dari 17 ribu orang yang menggunakan perantara asuransi dari Lifepal

- Ada diskon dan potongan menarik

- Ada fitur pembanding asuransi yang kiranya sangat berguna untuk mencari asuransi yang cocok sesuai kebutuhan masing-masing

- Membeli asuransi mudah dan bisa dilakukan di mana saja karena sistem online

- Ada jasa konsultasi dari para ahli yang bisa mendukung pilihanmu agar tidak salah pilih
Pada akhirnya jatuh pilihan pada asuransi kesehatan yang cocok dengan premi dan uang pertanggungan ideal untuk kondisiku. 


Kapan Waktu Tepat Membeli Asuransi Kesehatan?

Ketika mendapat pertanyaan soal waktu yang tepat membeli asuransi kesehatan, tentu saja aku menyarankan ketika masih sehat. Kalau bisa sekarang juga~ Asuransi kesehatan bakalan memproteksi kita dari kondisi kesehatan yang tak terduga. Fasilitas proteksi yang dimiliki asuransi ini mampu membuat diri jadi berjaga-jaga dan tidak was-was untuk menghadapi kondisi tersebut. Asuransi kesehatan adalah salah satu tameng untuk mencegah adanya risiko kebocoran finansial dan aset ketika mengalami sakit.

Jadi bagaimana? Sudah tertarik membeli asuransi kesehatan untuk menjamin hidup lebih aman dan bebas cemas?

Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition yang diadakan Lifepal.



You Might Also Like

0 comments