Kelas Nulis Paket Komplit ZettaMedia LifeGoals ini Membekas di Hati

7:07 PM


Saya nggak pernah menyangka akan merasa sangat beruntung seperti saat ini. Saya merasa bersyukur bisa tergabung dalam sebuah kelas menulis yang diadakan ZettaMedia. Acara bertajuk ZettaMedia Lifegoals ini bukan sembarang kelas nulis yang isinya cuma nulis nulis dan nulis. ZetaMedia Lifegoals ini kalau istilah di kuliner namanya paket komplit. Gimana nggak komplit? Isinya itu lho, ada macem-macem sesi. Lebih lanjut, aku ceritain di bawah :)


Buat kalian yang asing mendengar nama ZettaMedia? Sama kok, hehe... Saya awalnya juga nggak ngerti ZettaMedia itu media seperti apa? Akan tetapi setelah saya kepo websitenya di sini. Ternyata saya pernah buka beberapa bulan lalu. Sedikit informasi, ZettaMedia adalah sebuah portal media yang berusaha menyuguhkan informasi sesuai kebutuhan pembaca saat ini, khususnya generasi minelial. Ada banyak portal yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Trivia, RibutRukun, dan lain-lain. Zetta Media pusatnya ada di Jakarta, jadi menurutku lumayan banget bisa masuk.



Tahu dari mana, Kak Vin?
Awalnya saya tahu dari sebuah official account komunitas Book for Mountain. Suatu ketika, mereka membagikan sebuah poster acara dengan aksen warna dominan orange. Warna kesukaan akuuuu :)

Tanpa berpikir panjang, saya langsung mendaftarnya. Tapi namanya manusia ya, saya suka mepet-mepetin batas pendaftaran. Akhirnya, sebelum batas waktu habis saya berhasil mengirim semua persyaratan ke surel yang dituju.

Ternyata saat pengumuman, nama saya masuk. Masuk daftar cadangan maksudnya :)
Jadi Lifegoals ini hanya menjaring 30 orang saja. Angka yang tidak banyak namun tak sedikit juga. Saya masuk menjadi 'anak cadangan' dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sejak awal memang tertarik dengan paket komplitnya. Akhirnya, libas aja. Meskipun sebelumnya, saya sudah curhat dan cerita panjang lebar sama sang project leader yang merangkap editor ZettaMedia, Mbak Prima. 

Saat itu, saya baru saja melakukan dua seleksi wawancara di perusahaan berbeda. Kalau nanti ada kelanjutan, otomatis saya akan meninggalkan Jogja dan berhenti mengikuti Lifegoals. Artinya saya nggak komitmen di Lifegoals. Akhirnya setelah berunding dan curhat dengan Mbak Prima, saya diberi kesempatan


Saat itu, saya baru saja menyandang gelar sarjana dan sedang menyandang status pengangguran terselubung. Kegiatan saya saat itu sibuk menyelesaikan pekerjaan penelitian jurusan, sisanya main, luntang-luntung, dan berulang.:")

Pokoknya lewat blog ini juga saya ingin mengucapkan terima kasih yang terdalam buat Mbak Prima. Makasih Mbaaaa sudah mau menerimaku dengan segala kegalauku saat itu. :)))))


Paket komplit Lifegoals
Lifegoals ini dirancang dengan enam kali sesi pertemuan. Di mana setiap sesinya ada dua pemateri yang ekspert di bidangnya.

Sesi 1 Viral Content dan editing

Nah pada sesi pertama ini, saya mendapat informasi baru tentang seluk beluk nulis di media online. Dari dulu saya penasaran sama tips dan triknya nulis di media online. Sejauh ini, saya nulis di media cetak yang notabene berbeda dengan online. Akhirnya dapat pencerahan dan ilmunya nulis di media online.

Hasilnya dari pertemuan pertama ini adalah tugas-tugas yang menantang, yaitu nulis di lamannya ZettaMedia. Waaa seru kan? Beberapa hasil tulisanku bisa dilihat di laman Ribut Rukun dan Trivia.



Sesi 2 belajar seluk beluk nulis di Ributrukun

Sesi kedua ini cukup membuat kesulitan, karena harus nulis dengan melibatkan perasaan alias baper. Dari sesi ini saya belajar bahwa curhatanmu bisa berubah jadi sebuah tulisan yang kece di media online. Bukan hanya itu, sering jadi 'tong sampah' juga bisa menambah ide-ide segar untuk menulis wkwk.


Sesi 3 belajar foto produk dan menulis tentang fesyen

Saya pribadi sih seneng ya jalan-jalan dari blog satu ke blog lain. Terutama kalau fotonya bagus. Taraaaa, pada sesi ini nih. Saya dapat belajar cara menghasilkan gambar atau foto yang eye catching. Generasi saat ini sih lebih seneng disodorin gambar daripada tulisan kan?



Pertemuan ke-3 ZettaMedia LifeGoals dengan materi fashion blogger dan photo product.
Ini lagi praktik foto produk.
Sesi 4 belajar public speaking dan event organizer (EO)
Jadi penulis itu harus bisa ngomong juga. Intinya itu sih yang ditekankan pada sesi keempat ini. Seneng banget dapat kesempatan ngobrol dan bercerita di depan umum tentang karyamu. Saat itu saya menceritakan projek menulis saya bersama ke-27 teman KKN. Bertajuk "Katong Basudara" yang artinya kita semua bersaudara. Dasarnya seneng bercerita, kesempatan dua menit yang diberikan masih dirasa kurang. Haha.

Saat sesi EO, saya nimbrung tim teman saya. Saya enggak ngapa-ngapain, jadi tim hore doang. Eh akhirnya kecipratan menang challenge :)
Ceritanya lagi cerita di depan umum gitu. Abaikan muka ini. 

Sesi keeempat, nimbrung kelompok orang berhadiah pouch cantik dari Sampan Mimpi. Rejeki anak sholehah nih.


Sesi 5 belajar menulis fiksi dan kecantikan

Duh, nggak kerasa ya udah sesi lima aja. Alhamdulillah, saya masih bisa datang rutin :) yeay.
Pada sesi ini saya belajar menulis fiksi dari novelis ternama Bang Bernand Batubara atau bang Bara. Dulu sih sering banget bikin cerpen ala-ala tapi akhirnya numpuk di file doang. Hehe
Bukan hanya itu, ada sesi yang kira-kira ditunggu para cewek-cewek peserta Lifegoals. Tentunya beauty class yeay!!! Terima kasih Emina, saya dan teman-teman jadi cantik :))))))



 Dan tara sesi keenam, akan dilaksanakan besok Sabtu (18/12). Semoga saya nggak cuma bisa memandanginya dari jauh ya. Semoga bisa ikut hiphip huranya sesi terakhir ini. Huhuhu sedih ya udah mau kelar.

Lewat blog ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Mba Prima sang editor yang super kece. Para pemateri yang kece. Terima kasih ilmu yang telah dibagikan. Sangat bermanfaat dan berguna banget buat saya. Sekali lagi terima kasih. Seneng banget bisa gabung kelas nulis paket komplit ini. Makasih ZettaMedia dan seluruh kru yang bertugas. Tak lupa teman belajar bersama peserta Lifegoals. Semoga sesi terakhir bukan jadi tanda silahturahmi berakhir yaaaaa.....Saya pasti rindu kalian :))))))))


 With love,
Terima kasih









You Might Also Like

2 comments