5 Makna Rumah Impian Bagi Keluarga, Jadi Sumber Inspirasi

1:01 AM


Makna rumah impian bagi setiap orang sangat personal dan punya ceritanya masing-masing. 


Rumah masih menjadi daftar keinginan yang menunggu untuk diwujudkan. Apalagi rumah bukanlah barang yang dengan mudah untuk didapatkan. Namun demikian, bukan berarti tidak mungkin untuk memilikinya. 

Ada banyak pertimbangan yang cukup membuat maju dan mundur sebelum memutuskan membeli rumah. Terlebih bagiku yang memiliki kehidupan nomaden. Bercita-cita memiliki hunian nyaman menjadi impian, terlebih setelah menikah.

Sebelum menikah makna rumah bagiku adalah tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu dengan apa adanya. Nggak perlu tuntutan orang lain, cukup jadi diri sendiri. 


Setiap orang punya makna rumah yang berbeda

Rumah adalah tempat berlindung, bernaung, tempat tumbuh dan berkembang.  Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, rumah memiliki arti sebagai bangunan untuk tempat tinggal. 

Bicara soal tempat tinggal, rumah sama halnya dengan bangunan fisik. Secara umum, orang memaknai rumah memang sebagai gedung tempat tinggal. Bukan hal salah, makna rumah bagiku juga seperti itu. Apalagi aku tinggal di rumah hingga usiaku 27 tahun. Terbayang ada banyak memori masa kecil hingga dewasa. Rumah menjadi saksi bisu bahwa diriku tumbuh dan berkembang menjadi manusia seperti saat ini. 

Rumah menjadi tempat pulang paling ditunggu ketika seharian menghabiskan waktu beraktivitas di luar, baik bekerja maupun sekolah. Rumah punya segala penawaran terbaik untuk pelepas penat. Ada banyak bagian di rumah yang bisa memberikan energi baru atau mengisi ulang daya yang telah habis digunakan beraktivitas. Seperti kamar pribadi atau kamar tidur. Ruangan tersebut merupakan salah satu sudut favorit di rumah. 

Kini rumah bagiku bukan sekadar bangunan fisik atau gedung. Rumah adalah definisi tempat ataupun sosok yang bisa membuat diri menjadi nyaman dan betah untuk berlama-lama bersamanya. Makna rumah kini bukan hanya bangunan, rumah bisa menjelma menjadi suasana hingga sosok orang terkasih. 

Memiliki pengalaman tinggal berjauhan dengan keluarga dan pasangan, sempat merasakan lelahnya bolak-balik bepergian dari satu kota ke kota lain. Tentu saja fase tersebut memunculkan keinginan untuk menetap di sebuah kota dan memiliki rumah impian untuk membangun keluarga. Impian banget memiliki rumah yang bisa menumbuhkan ketahanan keluarga bagi setiap anggotanya. 

Ketahanan keluarga adalah kondisi di mana keluarga memiliki daya tahan baik secara fisik dan psikis dalam menghadapi beragam situasi dan tantangan kehidupan. Kita ketahui bahwa masalah bisa muncul di tengah perkembangan zaman. Oleh sebab itu, makna rumah bagi keluarga sangatlah penting. 

Bagiku, makna rumah impian nantinya bisa menampung, mewakili, dan menfasilitasi setiap penghuninya untuk terus tumbuh dan berkembang. Adapun beberapa makna rumah impian versiku sebagai berikut: 


1. Rumah adalah tempat berlindung dan tempat tinggal 

Seperti fungsinya, rumah menjadi bangunan atau gedung untuk tempat tinggal. Pastinya, rumah akan menjadi tempat untuk pulang dan kembali. Rumah jadi tempat yang pas untuk membebaskan diri dari segala beban yang melekat. Oleh sebab itu, makna rumah bagi setiap orang sangat personal. Ada yang menyukai rumah yang ramai dan penuh tawa, ada pula orang yang menyukai rumah penuh privasi dan keheningan. Intinya, rumah bisa menjadi tempat paling nyaman untuk menjadi diri sendiri.


2. Rumah adalah sumber inspirasi

Foto: katalog Olymplast 2020

Rumah menjadi hunian yang bisa memfasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan setiap penghuninya. Tak jarang setiap penghuni memiliki sudut atau ruangan favoritnya yang jadi sumber inspirasi. Bagiku, kamar tidur  adalah ruangan favorit yang juga menjadi sumber inspirasi. 

Kreativitas bisa muncul dari mana saja, namun kamar pribadi adalah sumber inspirasi terbesar. Ada banyak karya fotografi dan tulisan yang muncul dari kamar tidur. Selain itu banyak perabotan rumah tangga turut membantu terciptanya karya ataupun ide-ide cemerlang. Kerap kali perabotan rumah tangga dijadikan sebagai properti foto yang bisa menambah kesan estetik. Misalnya, meja dan kursi yang bisa dijadikan properti estetik. Syarat rumah impian selain nyaman, tentunya bisa jadi spot Instagram-able yang estetik dan rapi.


3. Rumah adalah pelepas penat

Foto: Pexels/cottonbro studio

Makna rumah selanjutnya adalah sebagai tempat untuk melepas penat. Setelah menghabiskan waktu di luar, rumah menjadi tempat paling nyaman dan 'pewe'. Kebiasaan untuk merilekskan diri ketika di rumah di antaranya yoga, mandi dengan air panas dan garam, menonton film atau drama, bersih-bersih rumah, hingga menata ulang perabotan rumah tangga. Salah satu paling favorit adalah berkebun. Ada banyak kegiatan berkedok healing yang bisa dilakukan di rumah. 


Cita-citaku memiliki rumah dengan taman dan ruang hijau untuk hobiku berkebun. Bagiku menanam dan mengoleksi beragam tanaman menjadi hobi menyenangkan sekaligus melepas penat. Sangat menenangkan melihat dan berbicara dengan 'Si hijau-hijau' menyejukkan mata.


4. Rumah adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak

Aku dan pasangan menyadari bahwa keluarga adalah tempat belajar bagi anak-anak. Suasana di rumah turut mendukung dan mampu memengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, tak heran makna rumah impian bagiku adalah rumah sebagai sekolah pertama. Rumah menjadi tempat belajar segala kehidupan. Orang tua akan mempersiapkan bekal terbaik untuk anaknya menghadapi tantangan di luar. Semoga kelak makna rumah impian ini beneran bisa terwujud. 


5. Rumah adalah cerminan diri 

Tahukah kamu? Menata rumah bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Hal tersebut bisa diketahui lewat desain rumah, penataan perabotan rumah tangga, pemilihan warna interior, dan tentunya kerapian rumah. 

Bagi kamu yang suka menata rumah, keteraturan adalah hal utama. Penempatan dan pemilihan perabotan rumah tangga di setiap sudut hunian menjadi perhatian khusus. Jika ingin memiliki rumah yang rapi, kualitas dan desain perabotan rumah tangga terus diperhatikan. Tak perlu pusing cari perabotan yang cocok untuk rumah impian. Jawabannya adalah Olymplast Juaranya Rapikan Rumah

Foto: katalog Olymplast 2020

Olymplast merupakan merek perabotan rumah tangga berbahan baku plastik. Bukan sembarang plastik, bahan baku tersebut memiliki kualitas tahan lama karena telah melewati uji standar dan kontrol. Perabotan rumah tangga Olymplast didesain dan dikemas semenarik mungkin sehingga mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga di Indonesia. 

Olymplast sendiri memiliki beragam produk yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia, di antaranya kursi, meja, lemari, dan lain-lain. Desain produk perabotan rumah tangga Olymplast sangat estetik dan kekinian. Cocok digunakan untuk memenuhi rumah impian. Jadi sudahkah kamu memiliki gambaran soal makna rumah impian? Mari merapalkan kedua tangan sembari memohon supaya semua keinginan mewujudkan rumah impian dapat terwujud. 



You Might Also Like

4 comments

  1. beauty of joseon dynasty cream this cream encapsulates centuries of wisdom in a modern jar. Formulated with rich, nourishing ingredients like ginseng and orchid extract, it deeply hydrates while helping to improve skin elasticity and brightness

    ReplyDelete
  2. Exploring Jorge Masvidal's net worth is like stepping into the octagon of financial success. According to CelebNetWorth, the UFC superstar's net worth is a staggering $6 million. Masvidal's journey from the streets to the spotlight is not just a narrative of triumph in the MMA world but also a strategic financial conquest. This figure represents not just fight purses but a culmination of shrewd business moves and endorsement deals, showcasing Masvidal's acumen beyond the cage. An intriguing journey indeed! learn more

    ReplyDelete
  3. Hotel Harmony Healing brings the art of relaxation to your doorstep. Our seasoned therapists offer a range of hotel room massage to address your specific preferences and concerns. Enhance your hotel stay with a therapeutic session designed to revitalize your body and mind.

    ReplyDelete
  4. This Father's Day, check out our bargain in Pakistan instead of going broke! Find the ideal father's day sale pakistan present without compromising on quality or affordability. It's never been easier to celebrate Dad thanks to our incredible deals on premium products and quick shipping. Take a look at our assortment right now and create a memorable Father's Day!

    ReplyDelete