Tentang perjalanan 2020

9:24 AM

Nggak mudah, tapi it’s a wrap.


Tahun 2020 akan jadi satu lembar dari kumpulan perjalanan hidup. Bersyukur masih diberi kesempatan untuk menghirup oksigen dan menjajal kehidupan baru. 

Ada banyak harapan yang harus disyukuri karena nyatanya malah terkabul pada tahun ini. Tak serta mirip dengan perjalanan yang lurus, justru perjalanannya cukup penuh rintangan. 

Dari 2020, aku belajar bahwa doa benar-benar jadi jembatan terkabulnya keinginan. Tangan Tuhan memang benar-benar ikut andil dalam perjalanan hidup. Percaya Tuhan memang tidak ada salahnya. 

Tahun ini banyak kejadian pertama di hidup, terutama soal kesehatan. Awal Maret harus ke rumah sakit karena mengalami gejala yang tiba-tiba drop. Sampai akhirnya harus tes darah untuk pertama kalinya. Ternyata hasilnya aman, aku rawat jalan dan akhirnya pulih. 

Sekitar bulan Agustus kembali mengalami sakit. Bedanya, kali ini sempat parno apakah ini corona? Akhirnya memeriksakan diri ke klinik dan hanya diberi obat untuk mengembalikan imun tubuh. 

Tahun 2020 jadi pelajaran lagi karena aku kontak dengan positif corona. Sempat menjalani rapid test dan prosedur lainnya, alhamdulillah hasilnya negatif. Dari kejadian itu, aku dapat pelajaran nggak boleh pasang stigma untuk penderita dan keluarganya. Justru sebaliknya, kasih dukungan dan doa biar lekas sembuh. Toh siapa sih yang mau kena covid? Nggak ada kan?

Di balik kejadian kurang menyenangkan selama 2020, sempat rajin olahraga dan jadi kebiasaan. Sayangnya, kebiasaan kacau karena badan drop di bulan Agustus🥲

Ada banyak kehilangan, tapi ada pula kehadiran yang terjadi. Keputusan untuk pindah haluan dari dunia kreatif ke dunia birokrasi pun hadir. Perjalanan mengenal keluarga baru, menggenapkan yang ganjil. 

Segala sesuatu yang terjadi kali ini tidak berjalan sesuai keinginan, tapi bisa jadi baik buat aku. Terima kasih 2020, semoga makin bisa menjaga ekspektasi soal orang lain. Menempatkan Tuhan sebagai pendengar dan pengabul doa, dihindarkan dari kesedihan berlarut karena orang lain. 

Dekatkan dengan orang terbaik yang jadi pilihan-Mu. Kadang capek ya mengharap orang lain padahal orangnya nggak punya rencana apa pun. Senang bersama, tapi tidak punya masa depan, mirip cerita di Eggnoid. Duh jangan deh~

2021 masih akan penuh list-list seperti aku menyambut 2020. Tidak optimis amat, tapi kemungkinan itu ada☺️🤞🏻 Wish me luck!

You Might Also Like

0 comments