First Jobber Mewujudkan Mimpi dan Investasi dengan Jenius BTPN

11:57 AM



First jobber, sebutan bagi orang yang mulai menggarungi dunia kerja. Tentunya, sudah nggak asing lagi di telinga dengan istilah tersebut. Ada anggapan, first jobber pasti bermasalah dengan cara mengatur keuangan. Eits, sekarang anggapan tersebut nggak related lagi berkat Jenius BTPN.

Sejak awal bekerja, aku mulai tertarik dengan pengelolaan uang. Tentu alasan tersebut dilatar belakangi oleh anggapan pekerja bakalan susah atur uang, susah nabung, dan lain-lain.

Sering mengalami uang masuk, tiba-tiba uang udah habis aja. Pernah? Kamu tidak sendirian! Nggak ingin mengalami pengalaman pahit yang sama setiap bulan, aku mulai mencoba belajar finansial.

Dari manual catat pengeluaran harian yang ternyata sering bolong dan merasa tidak efektif. Dari yang awalnya mendapat penghasilan kecil-kecilan  freelance hingga mendapat pekerjaan full time. Tentu perlu siasat untuk mengatur cashflow bulanan agar nggak bocor alus mulu.
Mulai dari baca buku, follow beberapa akun media sosial yang senang berbagi informasi soal investasi dan finansial. Akhirnya aku menemukan aplikasi Jenius dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). 

Berkenalan dengan Jenius BTPN!

Perkenalan awal dengan Jenius BTPN dari media sosial. Paling menarik perhatianku adalah penawaran dan fitur-fitur Jenius yang pas banget dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan untuk mendaftar, aku cari tahu informasi soal cara mendaftar dan kelebihan Jenius dari teman-teman terdekat dan website.

Mengusung konsep digital banking, Jenius ini cocok banget untuk siapapun yang nggak suka ribet alias praktis dalam bertransaksi sehari-hari. Makin penasaran dengan Jenius, apalagi beberapa teman sudah menggunakan Jenius. Setelah kepo-kepo, ternyata pengguna Jenius ada julukannya lho! Namanya Teman Jenius!

Setelah chattingan dengan teman, akhirnya aku daftar Jenius BTPN. Ia membagikan cashtag miliknya dan mengarahkan aku. Ternyata cara daftarnya gampang banget! Terbantu banget buat pekerja kantoran 9 to 5. Nggak perlu ke bank, cukup dengan aplikasi Jenius.

Pertama download aplikasi setelah itu isi data diri dan unggah beberapa file seperti foto, KTP, dan NPWP. Setelah itu, aku mencoba melakukan verifikasi dengan video call dengan petugas. Namun sayangnya, aku beberapa kali gagal. Akhirnya, beberapa hari setelah daftar, aku mendapat telepon dari pihak Jenius BTPN. Petugas menyarankan untuk verifikasi lewat booth di mal.

Kebetulan, mal yang ada booth Jenius dekat. Jadi sekalian jalan-jalan gitu. Nggak butuh waktu lama, verifikasi dengan petugas di booth akhirnya bisa. Akun Jenius sudah aktif! Yeay!

Petugas booth memberikan informasi yang detail soal fitur-fitur Jenius hingga cara menggunakan Aplikasi Jenius. Tak lupa tips and trick supaya nabung makin terasa menyenangkan. 

Sejak April-Mei, aku mencoba aktif menabung di Jenius. Saat gajian, aku langsung menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Berhubung gaji masuk dari bank sebelah, aku sangat-sangat terbantu dengan layanan 'Monyay'. 

Jenius setiap hari Senin memberikan gratis biaya transfer antarbank untuk isi saldo. Bagi pekerja baru, uang administrasi sebesar Rp 6.500 sangat berharga. Sayangggg banget sama Jenius pas tahu biaya transfer bakalan balik ke rekening Jenius. 

Nah setelah isi saldo Jenius, uang bakalan masuk ke Active Balance. Aplikasi Jenius nggak ribet, sekalinya masuk langsung muncul Total Balance yang berisi saldo kita. Kita juga bisa mengatur widget fitur-fitur Jenius sesuai kebutuhan. So simple~


Menabung dan mewujudkan mimpi begitu mudah dengan Jenius BTPN. 


Bagi aku yang punya banyak keinginan, tentu ingin mewujudkan semuanya. Bantu aamiin-kan yaaaaaa! Dari Active Balance, uang tersebut akan aku masukan ke Flexi Saver atau Dream Saver. Kedua fitur tersebut begitu jadi penyelamat keuangan. Kenapa? 

Flexi Saver adalah fitur penyimpanan uang yang ada di Jenius. Gunanya untuk memisahkan sekaligus menyimpan uang agar fokus. Iya, fokus! Biar nggak digunakan untuk jajan atau belanja macam-macam. 

Seperti namanya, Flexi Saver dari Jenius ini benar-benar fleksibel. Kita bisa top up ataupun withdraw sesuka hati. Cocok banget buat aku yang sedang menabung untuk dana darurat. Jika ada kebutuhan mendadak, langsung deh withdraw atau cairkan dana darurat. Uang dari Flexi Saver yang dicairkan bakalan masuk ke active balance atau m-Card kita. 

Bicara dikit soal m-Card, Jenius BTPN punya fitur x-Card atau sebutan untuk Kartu Debit Jenius tambahan. Kartu Debit Jenius yang utama berwarna oranye, nah x-Card ini ada 3 warna yakni biru, ungu, dan hijau. Gunanya untuk memisahkan beberapa keperluan atau pengeluaran sesuai kartu. Lengkapnya bisa cek website Jenius BTPN. Sejauh ini, aku masih bisa mengatur cashflow dengan satu kartu, tapi ke depan tidak menutup kemungkinan bakalan apply x-Card.

Balik lagi ke Flexi Saver dan Dream Saver. Nah kalau Dream Saver ini cocok untuk aku yang mirip soundtrack Doraemon. 

"Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini itu, banyak sekali~~~~"

Aku punya banyak keinginan seperti membeli handphone, sepatu, hingga pergi ke Tanah Suci. Tentu semua itu tidak akan mudah didapatkan, oleh sebab itu aku memasang beberapa keinginan dalam Dream Saver. Dari sekian banyak keinginan, Alhamdulillah! Ada satu yang sudah terpenuhi, yeay! SENENG BANGET! TIDAK MENYANGKA BISA JUGA TERPENUHI NOMINAL BUAT BELI.... Sorry ngegas, saking excited!
Dream saver yang sudah terpenuhi.

"Simpler life, happier you,” emang cocok banget untuk menggambarkan kehidupanku setelah menggunakan Jenius BTPN.
 
Sistem Flexi Saver dan Dream Saver ini sama-sama keren. Karena memberikan bunga hingga 5 persen. Angka yang cukup besar jika dibandingkan dengan bank lain. Menariknya lagi, nggak ada biaya administrasi!

Berkonsep digital banking, semua bisa diakses secara digital, termasuk rekening korannya. Aplikasi Jenius menyediakan e-statement yang bisa di-download setiap bulan. Kurang praktis apalagi? 

Ada juga mimpiku selanjutnya yang terbantu dengan adanya Jenius, yakni pergi ke Tanah Suci. Pengen banget umrah bareng keluarga ke Tanah Suci, aku akhirnya memulai mimpiku dengan membeli mata uang asing lewat Jenius. Semoga keinginanku bisa terwujud, aamiin!
Mencoba menabung dollar semudah dalam genggaman.

Sungguh nggak kepikiran buat beli dollar segampang pakai Jenius. Dulu pernah menukar uang dollar atau mata uang asing lain harus ke Money Changer. Sekarang, beli dollar di rumah aja bisa. Nggak perlu bayar parkir dan keluar uang bensin.  


CoCreate, komunitas Jenius BTPN dengan segala ilmu dan keseruan!

Sebelumnya, aku mengikuti kelas Community Gathering bertajuk Financial Planning 101. Acara tersebut diadakan Jenius Cocreate Jogja. Dengan pembicara Mbak Achie Mahfudloh, aku menemukan pengetahuan baru soal investasi dan perencanaan keuangan. 

Beruntung, aku bisa ikutan kelas Mbak Achie karena tergabung dalam CoCreate Jenius
CoCreate adalah komunitas pengguna Jenius dari seluruh Indonesia. Pengguna Jenius punya wadah untuk berbagi informasi soal keuangan ataupun lifestyle hingga promo. Ada banyak pengguna yang rajin membagikan info seru, termasuk acara Financial Planning yang aku ikuti. 
Ikut kelas yang diadakan Cocreate Jenius soal Financial Planning 101+ di Jogja. 

Dalam salah satu sesi, Mbak Achie bercerita jika dirinya memiliki keinginan untuk umrah. Dari situ, beliau memulai rencana keuangan dengan menabung dollar. Lagi-lagi, Jenius ini memudahkan rencana keuangan. Cukup dengan aplikasi Jenius, aku bisa membeli mata uang dollar dan lainnya selama Senin-Jumat. One step closer!


Mbak Achie memaparkan materi..

Dari pertemuan yang difasilitasi CoCreate Jenius BTPN, aku mendapat pengetahuan baru soal cara mengatur keuangan sekarang dan masa depan. Apalagi hidup di Kota Jogja yang tentunya tantangannya bakalan beda dengan hidup di kota lain. Mulai dikenalkan dengan bagaimana merencanakan keuangan, investasi, mengatur cashflow, dan tentunya mindset!

Kalau tadi soal investasi dan mewujudkan mimpi. Jenius juga nggak lupa untuk bersenang-senang! Jenius punya banyak penawaran menggiurkan untuk bersenang-senang! Salah satunya, adanya reward berupa kuota gratis transfer yang disesuaikan dengan level pengguna. Level sendiri disesuaikan dengan jumlah saldo. Makin banyak nabung, makin banyak gratisannya lho!

Dalam keseharian, kuota gratis ini berguna banget. Apalagi kalau pengen transfer untuk patungan nikahan teman (nyumbang), bayar utang ke rekening teman beda bank, dan lain-lain. Makin-makin jatuh cinta sama Jenius. Luv! Aku nggak perlu mikir panjang, kalau teman menyodorkan nomor rekening beda bank. Pakai Jenius GRATIS! 

Nah, kalau punya teman sesama #temanjenius, udah pasti nggak perlu minta nomor rekening. Cukup kasih cashtag ($) lalu transfer. Semudah itu, guys! 

Satu lagi, aku ingin berterima kasih kepada Jenius! Sebagai sobat nonton hemat, aku menyambut dengan tangan terbuka promo nonton buy one get one! Aku udah nyoba beberapa kali dan selalu berhasil! Sering-sering ya bagi-bagi promo nonton gratis! Apalagi fitur kartu Debit Jenius yang udah contactless. Sangat memudahkan dan menyenangkan!

Mencoba promo nonton! Luv banget nih Contactless Jenius.

Terbilang baru menggunakan Jenius BTPN, aku sangat terbantu dengan Jenius. Cukup dengan satu aplikasi, aku sudah bisa mengatur keuanganku. Mulai dari dana darurat, investasi, mewujudkan mimpi-mimpi, hingga bersenang-senang. 

Menarik banget, kan? Tunggu apalagi! Daftar Jenius gih! Aku sendiri udah berhasil mengajak beberapa temanku dan 'meracuni' mereka untuk rajin menabung dan berinvestasi! Yuk, segera daftar Jenius untuk memudahkan perencanaan keuanganmu!  

Kalau aku bisa, kamu pasti punya peluang yang sama.

Terima kasih, Jenius BTPN!
Aku masih menunggu inovasi-inovasi baru darimu soal keuangan!



You Might Also Like

0 comments