Taman Nasional Baluran: Afrika van Java

11:54 PM

Kalian masih ingat tulisanku tentang liburan di Banyuwangi? Jika kalian masih ingat, aku masih berhutang tulisan tentang destinasi keduaku, yakni Taman Nasional Baluran. Kamu bisa baca di sini dulu buat pemanasan hehe.

Bermain dan berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap jika belum mampir ke Taman Nasional Baluran. Lokasinya terletak di kawasan Banyuputih, Situbondo, Banyuwangi. Taman nasional ini punya julukan 'Afrika van Java' lho! Tentu julukan tersebut melekat pada Baluran karena pemandangan sabana yang disebut mirip Afrika.

Keindahan Baluran ini ternyata diamini oleh insan perfilman atau musik Tanah Air. Beberapa dari mereka membuat karya berlatarkan keindahan Taman Nasional Baluran. Sebut saja, ada penyanyi cantik Raisa Andriana, Rinni Wulandari dan Jevin Julian (Soundwave) yang memilih Banyuwangi sebagai tempat pengambilan syuting video klipnya.

foto: salah satu spot menarik di Taman Baluran adalah fosil atau kerangka kelapa banteng Jawa.

Sementara itu, ada pula film-film Indonesia yang juga menyorot pesona keindahan alam dari Taman Baluran. Sederet film Tanah Air yang menjadikan Banyuwangi sebagai lokasi syuting ada di sini.
foto: pemandangan sabana di Taman Nasional Baluran yang memikat hati.

Berbicara sekilas tentang Taman Nasional Baluran, ada baiknya tahu sejarah dari taman nasional. Kamu bisa membacanya sekilas di sini. Ada beragam jenis flora dan fauna yang hidup di alam Baluran. Dari pintu masuk hingga sepanjang perjalanan memasuki kawasan taman nasional, hilir mudik kera bisa disaksikan dari dalam kendaraan. Hal tersebut menambah suasana alam yang sesungguhnya.
foto: Nama Baluran untuk taman nasional berasal dari nama gunung. Baluran jadi habitat beberapa hewan seperti kuda, rusa, hingga banteng.    
foto: Jadi spot foto para pengunjung.

Nggak cuma sabana saja, Taman Baluran juga memiliki kawasan pesisir. Bernama Pantai Bama, kawasan pesisir yang ada di kawasan utara Pulau Jawa ini memiliki karakteristik pantai tenang. Beda banget dengan pantai di Jogja yang memiliki gelombang ombak cenderung besar. 

Mungkin kamu pecinta swafoto akan terhibur dengan adanya papan informatif nan unik seperti kata-kata berikut.
foto: kawasan pesisir pantai Bama. Jika diperhatikan di belakang terdapat hutan mangrove atau bakau.
foto: Ada pula bagian pantai yang berbatu ala laskar pelangi. Ombaknya bisa dibilang nggak ada, tenang banget.
Lunas sudah tulisanku tentang liburan di Banyuwangi. Saya rasa masih ada banyak spot wisata Banyuwangi yang belum ku datangi. Keterbatasan waktu liburan membuatku harus kembali ke rumah. Balik kerja buat nabung uang liburan. Sementara liburan biar nggak stres~




"Pergi liburan biar refreshing dari kerjaan. Pergi kerja biar punya duit buat liburan," kata Safir Senduk di akun Twitternya.

Jangan lupa bahagia~
 Regards,

You Might Also Like

0 comments