Batin

8:04 PM

Sejak kecil, kita dikenalkan pada kelima indera yang dimiliki manusia. Kemudian kita menyebutnya panca indera. Pasti kalian semua tahu. Ada mata, telinga, mulut, hidung, dan kulit. Semuanya menjadi penting karena fungsinya.

Saya pun mengucap syukur pada Allah SWT, telah memberikan saya secara komplit. Tapi, saya merasa ada satu hal yang tak kalah penting. Ia mampu merasa dan memiliki fungsi yang penting. Sebut saja batin.

Memang kurang sesuai jika dikategorikan dalam alat indera. Karena wujudnya yang tak ada, tak terlihat, namun dapat dirasakan. Saya percaya, batin memiliki fungsi yang mampu mempengaruhi alat indera lainnya. Bagaimana bisa? Begini penjelasan saya.

Setiap hari kita akan menggunakan atau memfungsikan kelima alat indera. Dengan mudahnya, kita melakukan sesuka hati. Pada posisi tersebut, tanpa sadar kita mampu menyakiti ataupun membuat orang lain tersinggung. Hal lain pun dapat terjadi, kita tidak mempergunakan dengan seharusnya.*Semoga anda tahu maksud saya*

Saya rasa, batin adalah pengendali dari semua fungsi panca indera. Batin berperan sebagaimana mestinya, menjaga agar kita tidak melakukan hal-hal yang tidak mestinya. Misal: Kita sering berucap bla bla bla.. cenderung ceplas ceplos~ ketika batin dilibatkan maka ucapan kita akan tersaring dengan sendirinya.

Mata pun begitu, setiap hari kita membukanya. Ia melakukan fungsinya sebagai indera penglihat. Melihat banyak objek sampai tak terhingga. Kadang ada hal yang seharusnya tidak kita ketahui. Tapi akhirnya kita ketahui. Sekali lagi, batin membatasi kita. Kita akan diarahkan untuk melihat yang semestinya dilihat.

Batin seseorang memang hebat. 

Salam batin,

xoxo

You Might Also Like

0 comments