Asyiknya di rumah bersama UNO :D

9:50 AM

Oke oke, kali ini saya akan menulis mengenai permainan kartu UNO yang aku ambil dari berbagai sumber dengan tambahan ini itu dari saya:) selamat membaca !

UNO berasal dari bahasa Spanyol dan Italia yang memiliki arti satu. UNO adalah sebuah permainan kartu yang dicetak khusus. Permainan ini modelnya sama seperti kartu pada umu
mnya, menggunakan kata ‘minum’ atau mengambil kartu ditumpukan kartu yang disediakan serta menggunakan taktik agar tidak kalah dengan pemain lawan. Permainan kartu UNO ini bisa dimainkan minimal dua orang dan bisa lebih dari empat orang, seru kan :D *makin banyak makin asyik.

Uno diciptakan pada tahun 1971 oleh seorang pria bernama Merle Robbins. Saat itu ia telah bertengkar dengan anaknya tentang aturan permainan lain kartu populer, Crazy Eights. Karena ketidaksepakatan itulah, Robbins menciptakan permainan kartu baru dan menyebutnya "Uno." Untuk cara bermainnya, sebenarnya mudah. *saya yang diajarin sekali dan langsung main aja, bisa kok:D kalau kamu sudah tahu caranya, kamu akan ketagihan (additected) untuk bermain UNO.

Pada dasarnya permainan UNO hanya menyamakan angka atau menyamakan warna dengan kartu yang terakhir dibuang oleh pemain terakhir. Pemenang UNO adalah yang pemain pertama menghabiskan kartu yang ada ditangannya. Pada awal permainan setiap pemain akan diberi 7 buah kartu secara acak. Jalannya permainan dilakukan searah jarum jam (kalo melingkar ya duduknya:p )Ada 4 warna yang dimainkan yaitu:

(hijau) dari angka 1 hingga 9

(biru) dari angka 1 hingga 9

(merah) dari angka 1 hingga 9

(kuning) dari angka 1 hingga 9

Dan asyiknya lagi, di setiap warnanya ada berbagai macam kartu yang bisa menjatuhkan lawan. Seperti kartu bergambar:*liat gambar

a. Lingkaran dicoret (kayak rambu stop) fungsinya buat memberhentikan lawan yang jalan setelah kamu.

b. Tanda panah bolak-balik, buat memutar arah jalannya permainan. Misal awalnya searah jarum jam, setelah dilemparkan kartu panah bolak-balik arahnya jadi muter, berlawanan arah jam.

c. Kartu warna-warni dan ada tulisan +4, biasanya digunain buat menjebak lawan biar kartunya tambah banyak. Kalau lawanmu nggak punya kartu +4, lawannmu harus ngambil 4 kartu yang ada di tumpukan kartu ‘minum’.

d. Kartu +2 fungsinya sama kayak +4. Cuma bedanya kalo setelah nglempar kartu +4 si pelempar harus nentuin warna, kalo +2 tiap warna ada.

e. Kartu ellips yang punya 4 warna(merah, kuning, hijau, biru) fungsinya buat ngeganti warna kartu sebelumnya.

f. Kartu 0, fungsinya buat nuker kartu yang dipunya si lawan. Jadi kamu awalnya punya kartu banyak, eh si lawan punya kartu Cuma 3. Kamu keluarin aja angka 0, kartu si lawan yang jumlahnya 3 akan jadi milikmu:D

Uniknya dari UNO, tiap kamu punya 1 kartu di tangan, kamu harus cepet nyebutin “UNO”. Kalau keduluan lawan, maka kamu terkena sanksi harus mengambil satu kartu atau minum satu kartu. Satu lagi, tiap kamu ngomong UNO(pas kamu bukan dalam keadaan punya satu kartu) maka kamu harus ngambil kartu yang jumlahnya sama kayak kamu ngomong UNO tdi.

Jadi, tunggu apalagi ayooo main UNO :D lets get fun with your friends, families, ect.

Salam UNO.

macam-macam kartu UNO

You Might Also Like

5 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete