5 Tahapan Skincare Untuk Pemula, Praktis dan Mudah Dipraktikkan

1:48 PM

 

Tahapan Skincare Pemula
Tahapan Skincare Pemula/ Freepik

Skincare bagi pemula memiliki tahapan yang sederhana. Adapun urutan penggunaan skincare yang benar dimulai dari membersihkan muka hingga penggunaan beberapa produk skincare.

Skincare adalah bagian penting dalam merawat diri. Tak jarang banyak orang menggunakan skincare untuk mendapatkan kulit sehat. Namun bagi pemula, menggunakan skincare merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, produk skincare yang bervariasi kerap membuat bingung bagi pemula. 

Apa itu basic skincare

Skincare bagi pemula kerap pula disebut basic skincare. Skincare sangat penting bagi pemula karena dapat menciptakan kondisi kulit yang sehat dan terawat. Siapa sih yang nggak ingin punya kulit sehat? 
Basic skincare adalah langkah awal untuk meningkatkan kondisi kulit yang sehat. Skincare untuk pemula ini bertujuan untuk membangun fondasi kulit yang tangguh sehingga kulit sehat tercipta. Penggunaan skincare untuk pemula jika rutin diterapkan akan menjadi fondasi kulit yang sehat. Lalu apa saja urutan skincare bagi pemula?

Tahapan skincare bagi pemula

Urutan penggunaan skincare bagi pemula cukuplah sederhana. Pada dasarnya hanya memiliki empat tahapan skincare di antaranya cleansing, toning, moisturizing, dan protecting. Meski sederhana, pemula tetap harus memperhatikan urutan penggunaan produk skincare

Tahapan skincare bagi pemula atau basic skincare routine memerlukan beberapa produk dengan beragam manfaat dan kegunaan. Bagi pemula tak perlu bingung lagi, adapun tahapan skincare bagi pemula yang benar antara lain: 

1. Double cleansing 

tahapan skincare pemula double cleansing
Ilustrasi tahapan skincare pemula double cleansing/ Unsplash

Tahapan skincare pertama yang wajib dilakukan adalah double cleansing. Kulit wajah merupakan area wajah yang terbilang sensitif. Sama halnya dengan kulit area lainnya, wajah juga perlu rutin dibersihkan. Urutan skincare pertama adalah double cleansing. 

Double cleansing adalah tahapan membersihkan wajah sebanyak dua kali. Setelah seharian beraktivitas, tentu wajah akan terpapar kotoran, debu, polusi. Oleh sebab itu, membersihkan muka tidak boleh sampai terlewat. 

Mencuci muka dengan air mengalir saja tidak cukup sehingga double cleansing diperlukan untuk mengangkat kotoran dan minyak di wajah. Adapun double cleansing dapat dilakukan dengan pengaplikasian first cleanser berupa micellar water atau cleansing balm. 

Produk skincare untuk first cleanser ini memiliki fungsi untuk mengangkat kotoran, debu, dan minyak yang tidak terangkat oleh air. Bukan hanya itu, first cleanser ini juga memiliki manfaat untuk menutrisi kulit dan menjaga pH wajah. Biasanya produk dari first cleanser ini berbahan dasar minyak. 

Tahapan skincare selanjutnya adalah second cleanser. Produk skincare yang digunakan adalah facial wash atau sabun pencuci muka. Facial wash memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati, minyak, keringat, serta bakteri yang ada di wajah secara mendalam. Bukan hanya itu, facial wash juga mempertahankan kelembapan wajah dan mencegah munculnya jerawat akibat wajah kotor. 

2. Toning dengan toner

Tahapan skincare pemula toning
Tahapan skincare pemula toning/ Freepik


Wajah dalam kondisi bersih, tahapan skincare bagi pemula selanjutnya adalah toning. Setelah double cleansing, wajah perlu dinutrisi dan semakin dibersihkan lebih dalam. Toning adalah memberikan atau mengaplikasikan toner pada wajah. 

Toner memiliki fungsi utama yakni membersihkan pori-pori wajah dan sel kulit mati yang tak kasat mata. Toner sendiri terbagi dalam dua jenis, yakni hydrating toner dan exfoliating toner. Hydrating toner memiliki kandungan yang berfungsi untuk melembapkan wajah dan memberikan nutrisi wajah. Sementara exfoliating toner memiliki kandungan yang berfungsi untuk membersihkan wajah secara lebih mendalam.   

3. Serum 

Tahapan skincare untuk pemula serum
Tahapan skincare untuk pemula serum/ Freepik


Serum kerap kali tidak masuk dalam skincare routine untuk pemula. Akan tetapi serum memiliki peran besar dalam membantu mempercepat fondasi kulit sehat terwujud. Serum adalah produk skincare yang memiliki sejumlah kandungan yang berfungsi untuk mengatasi masalah wajah sesuai tipe kulitnya. Misalnya ada serum untuk kulit berminyak, serum untuk kulit berjerawat, serum untuk menyamarkan noda hitam, mencegah penuaan, dan lain-lain.

Serum memiliki konsentrasi kandungan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut mampu menembus lapisan kulit wajah sehingga proses perbaikan kondisi kulit menjadi lebih mendalam. Beberapa serum bisa digunakan setiap hari (pagi dan malam), namun ada pula serum yang hanya bisa digunakan pada malam hari. Hal tersebut disesuaikan dengan kandungan bahan aktif dalam serum. 


4. Mosturizer

Tahapan skincare pemula mosturizer
Tahapan skincare pemula mosturizer/ Freepik


Urutan basic skincare routine selanjutnya adalah mosturizer. Setelah wajah diberikan nutrisi melalui toner dan serum, mereka akan bekerja lebih komplet dengan adanya produk skincare berupa mosturizer. 

Mosturizer adalah produk skincare yang memiliki berfungsi untuk melembapkan kulit. Mosturizer juga bisa meningkatkan hidrasi kulit sehingga wajah memiliki lapisan perlindungan kulit (skin barrier).

5. Protecting dengan sunscreen

Tahapan skincare pemula penggunaan sunscreen
Tahapan skincare pemula penggunaan sunscreen/ Freepik

Urutan pemakaian skincare terakhir adalah proctecting. Kulit wajah terbilang sensitif, oleh sebab itu perlu dijaga dengan baik. Tahapan skincare bagi pemula kali ini nggak boleh dilupakan, yaitu memakai sunscreen. Produk skincare tersebut punya kandungan SPF dan PA++ yang bisa menangkal UVA dan UVB, serta radikal bebas. 

Perlu diketahui terpapar sinar matahari dapat mempercepat munculnya penuaan dini seperti keriput, kulit kusam, kerutan wajah, hingga noda hitam. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pemakaian sunscreen adalah sebuah kewajiban. Pemakaian sunscreen bukan hanya ketika di luar ruangan, ketika berada dalam ruangan pun tetap harus menggunakan sunscreen

Dengan rajin menerapkan tahapan skincare pemula dengan baik, kulit sehat bukanlah sebuah hal yang tak bisa diraih. Urutan skincare untuk pemula cukup mudah, bukan? Produk-produk skincare untuk pemula bisa dijumpai dengan mudah di drugstore ataupun marketplace. Ada pula tips menarik untuk pemula memilih skincare terbaik. Selamat mencoba!Selamat mencoba!


You Might Also Like

0 comments