Review Digibank, yay or nay?

3:48 AM

Semakin canggih teknologi berdampak pula pada kehidupan manusia, termasuk di dunia perbankan. Beragam instansi perbankan mulai menerapkan digitalisasi keuangan. Pastinya kalian menjadi pengguna yang ikut merasakan kemudahan digitalisasi keuangan. Paling mudah, transfer uang ke rekening melalui mesin ATM, setor tunai lewat mesin tanpa ke teller, hingga internet banking ataupun mobile banking.

Kemudahan dimulai dari pembukaan rekening. Kita bisa membuka rekening tabungan tanpa perlu ke bank. Cukup dengan smartphone dan kuota internet serta siapkan kartu identitas, semua bisa mendaftar atau membuka rekening tabungan. Salah satu perbankan yang menerapkan hal tersebut adalah Digibank by DBS.

Mungkin kalian sudah nggak asing lagi dengan digibank. Nama tersebut sering digaungkan para nasabah milenial karena praktis dan kekinian. Pasalnya, cara membuka rekeningnya nggak ribet, hemat waktu, dan tentunya mudah untuk dilakukan. Digibank sendiri adalah produk keuangan dari bank DBS yang pusatnya di Singapura.

Awal mengenal Digibank dimulai dari menghadiri acara seputar bisnis online. Acara yang digelar di sebuah kafe di Yogyakarta ini bekerja sama dengan bank asal Singapura. Pada kesempatan yang sama, ada kesempatan para peserta untuk menjadi nasabah digibank. Menurut pengalaman, cara mendaftarnya mudah. Cukup dengan KTP atau kartu identitas lain, kuota internet, dan smartphone. Prosesnya cepat untuk pendaftaran. Jangan lupa untuk unduh aplikasinya (digibank) terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Setelah terdaftar, nasabah harus menunggu pengiriman kartu ATM. Aku sedikit kecewa dengan proses pengiriman yang lama. Aku harus menunggu sekitar sebulan ada tanpa kejelasan. Padahal, kartu temanku sudah datang dalam hitungan hari. Akhirnya, aku komplain lewat akun Twitter bank bersangkutan dan diarahkan untuk mengisi form. Nggak berselang lama, aku mendapat telepon konfirmasi untuk membatalkan pengajuan kartu ATM. Setelah mengikuti prosedur yang dijelaskan petugas. Aku kembali menunggu yang akhirnya kesel sendiri karena nggak datang juga.

Suatu ketika, aku mampir ke mal di Yogyakarta yang ada di Ambarukmo Plaza. Ternyata di mal tersebut, ada stand Digibank. Aku pun mencoba menanyakan kendala yang terjadi padaku. Pihak petugas mengklaim alamat yang tercantum tidak lengkap. Padahal ya, aku sering belanja online dikirim ke alamat yang sama. Nggak ada masalah, lho~ 


Petugas menyebut alamat harus lengkap mencakup alamat rumah, RT/RW, nama jalan, sampai nomor rumah. Akhirnya coba ganti alamat. Aku lupa harus nunggu berapa lama tapi intinya masih nunggu. Akhirnya dong dateng juga amplop isi kartu~

Digibank sendiri terbilang paperless alias nggak ada buku tabungan. Semua transaksi terekam dan terekap di aplikasi Digibank di hape. Mirip mobile banking yang memudahkan semua orang untuk bertransaksi. Cocok banget buat anak nggak mau ribet~


Setelah mendapat kartu, aku masih mendapat kesulitan lagi. Aku belum sempat untuk mengaktifkan kartu tersebut lantaran nggak tahu ATM mana aja yang bisa digunakan. Pihak Digibank mengklaim bisa digunakan di mesin ATM yang mencakup VISA. Pertama kali, aku coba setor lewat ATM Mandiri. Ternyata ditolak~ Posisinya sih mau setor uang sekalian mengaktifkan. Ternyata belum bisa.

Kantor cabang di Yogyakarta ada di kawasan Terban. Sejujurnya, saya belum ke sana karena merasa. Daftar aja nggak usah ke kantor cabang, kenapa setor tunai harus ke kantor ya..... Padahal produk dan keuntungan punya digibank ini oke banget. Bunga yang ditawarkan lebih besar, aplikasinya kekinian, dijamin oleh LPS, dan yang paling menarik adalah promonya. Tapi jangan lupa juga biaya dan limit yang ditawarkan digibank.

Sejauh ini masih punya Digibank baik di aplikasi hape ataupun ATM. Karena masih berpikiran akan digunakan saat liburan ke Singapura. Masih berpikiran, besok kalau memang kepepet butuh. Mungkin aku akan ke kantor cabangnya.

Adakah di antara kalian pengguna digibank di Yogyakarta....... Bisa kita berbagi cerita tentang Digibank~


You Might Also Like

13 comments

  1. Aktivasi kartu debitnya bisa langsung dari aplikasi digibank mbak, panduannya jg tersedia di lembar informasi kartu debit yg dikirim ke nasabah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, memang aktivasi sudah lewat apps. Hanya saja, saat ingin setor uang dari mesin setor tunai masih kesulitan. Padahal sudah berjejaring VISA.

      Delete
    2. untuk setor harus ke bank DBS.kalo tarik ,baru bisa di smua ATM mba.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Aktivasi kartu atm bisa langsung dari aplikasi mbak. Tinggal tulis aja 3 angka di balik kartu debitnya . Terus habis gitu ikutin petunjuk di kertas amplopnya . Terus ubah pin langsung bisa digunakan.
    Untuk masalah setor emang ga bisa kalo lewat setor tunainya ATM lain mbak , paling mudah sih transfer dari rekening bank lain dulu . Atau bisa dari OVO. Kalo aku pake digibank biasanya ku tf dari BCA ke digibank, atau dari ovo ke digibank .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi memang nggak bisa setor tunai gitu ya kak. Terima kasih infonya.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Halo DBS,
    Saya terpaksa menghubungi lewat FB bank DBS karena saya sudah terlalu putus asa untuk menghubungi lewat telepon, email, live chat.
    masalah saya adalah kartu debit pengganti untuk saya sudah berbulan-bulan tidak dikirim atau tidak sampai ke tangan saya.
    Sebagai pelengkap keterangan saya :
    Nama Erwin Anthony R.
    No Rek DBS : 1702299802
    No Kiriman kartu : 000000368125
    Sudah berkali-kali saya minta kartu pengganti, terakhir lapor pada tanggal 30 April 2019.
    Status di aplikasi:
    1 Mei pembuatan kartu debit
    3 Mei Kartu siap di antar.
    Yang saya tanyakan adalah tanggal 1 mei tahun berapa kartu debit akan di buat? dan tanggal 3 Mei tahun berapa kartu siap di antar. Nanti sampainya di tempat saya tahun berapa?
    semoga saja tidak menunggu hingga pergantian millenium baru sampai.

    Di perhatikan atau tidak di diperhatikan oleh admin DBS, saya tidak perduli. Cuma nama baik dan kepercayaan nasabah DBS yang harus di perhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, kalau dari case saya status pengiriman nggak berubah karena ternyata alamat saya dianggap kurang lengkap. Mungkin bisa cek alamatnya lagi, atau hubungi cs yang bersangkutan untuk 'ngejar'.

      Delete
  6. Thanks for sharing, saya baru saja aktivasu kartu Ny, domisili Jakarta mdh2an digibank bisa lebih mengutamakan kemudahan pelayanan nya

    ReplyDelete
  7. Wahh mantap, cocok banget buat millenial yang mau serba simple.

    ReplyDelete
  8. Kak Vindi waktu daftar ada verifikasi biometrik atau video call?

    ReplyDelete
  9. Hai kak, dulu daftarnya pas ada acara offline, jadi langsung dengan petugasnya.

    ReplyDelete